Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Pendidikan, Alat dan Media


Teknologi Pendidikan, Alat dan Media - Dari sempoa kuno ke kalkulator genggam, dari proyektor slide dan strip film kelas ke realitas virtual dan e-learning generasi mendatang, teknologi pendidikan terus berkembang dalam cara-cara baru yang menarik - menginspirasi para guru dan siswa yang sama.

Bagi para guru, teknologi membuka kemungkinan baru untuk memperkaya dan merangsang pikiran muda. Saat ini, ada kegembiraan yang tumbuh di sekitar potensi untuk teknologi bantuan, virtual dan augmented reality, alat kolaborasi teknologi pendidikan tinggi, gamifikasi, podcasting, blogging, pencetakan 3D, kecerdasan buatan, pembelajaran yang dipersonalisasi, pembelajaran yang dipersonalisasi dan banyak lagi.

Teori dan praktik pendekatan pendidikan untuk belajar, serta alat teknologi yang membantu dalam pengembangan dan komunikasi pengetahuan. Salah satu definisi penting dari teknologi pendidikan berfokus pada "alat teknologi dan media yang membantu dalam komunikasi pengetahuan, dan pengembangan dan pertukarannya."

Ambil augmented reality dan virtual reality , misalnya. Menulis tentang "6 Tren Transformasi Digital Teratas dalam Pendidikan" di Forbes.com, spesialis inovasi teknologi Daniel Newman membahas penggunaan AR dan VR untuk "meningkatkan pengajaran guru sambil secara bersamaan menciptakan pelajaran mendalam yang menyenangkan dan menarik bagi siswa." Dia mengundang kita untuk membayangkan menggunakan realitas virtual untuk mengangkut siswa ke Yunani kuno.

Gamifikasi menggabungkan bermain dan belajar dengan memanfaatkan game sebagai alat pengajaran, mengenai kecerdasan buatan , Newman mencatat bahwa sebuah universitas di Australia menggunakan Watson IBM untuk membuat layanan penasihat siswa virtual yang tersedia 24/7/365. Rupanya penasihat virtual Watson menerjunkan lebih dari 30.000 pertanyaan pada trimester pertama, membebaskan penasihat manusia untuk menangani masalah yang lebih kompleks.

Definisi penting lain dari teknologi pendidikan berfokus pada teori dan praktik pemanfaatan teknologi baru untuk mengembangkan dan menerapkan pendekatan pendidikan inovatif. Di belakang semua alat teknologi tinggi, lonceng dan peluit digital, adalah guru yang memiliki keterampilan - dan inspirasi - untuk menggunakan teknologi baru ini untuk memperluas dunia pendidikan siswa mereka.

Menurut sebuah laporan oleh Masyarakat Internasional untuk Teknologi dalam Pendidikan "topik yang paling menarik di kalangan pendidik yang merangkul teknologi untuk belajar dan mengajar bukan tentang teknologi sama sekali, tetapi tentang siswa. ”

Siapa saja yang bisa merasakan dampak teknologi pendidikan ini?

Manfaat bagi siswa termasuk peluang yang diperluas untuk pembelajaran yang dipersonalisasi , ruang kelas yang lebih kolaboratif dan strategi baru seperti apa yang disebut "pembelajaran terbalik," di mana siswa diperkenalkan dengan materi pelajaran di luar ruang kelas (sering online), dengan waktu kelas yang kemudian digunakan untuk memperdalam pemahaman melalui diskusi dan kegiatan pemecahan masalah dengan teman sebaya.

Teknologi Pendidikan, Alat dan Media

Bagi guru yang bercita-cita untuk membuat dampak dalam disiplin ini, mendapatkan gelar master dalam teknologi pendidikan jelas tentang mempelajari alat, strategi, dan praktik baru, tetapi juga tentang memahami struktur pendukung yang harus ada untuk memastikan hasil yang paling sukses. Ini termasuk:

·         Masalah kebijakan dan hukum

·         Masalah etika (privasi siswa, dll.)

·         Pendanaan, hibah dan anggaran

·         Aplikasi dunia nyata (dunia kerja, peluang kemitraan, dll.)

·         Dasar-dasar jaringan, perangkat keras, perangkat lunak manajemen pembelajaran

·         Ekuitas (akses dan aset komunitas / sekolah, akses siswa)

·         Kemampuan untuk menyelesaikan penilaian kebutuhan sekolah / kabupaten / analisis survei teknologi situs

Oleh karena itu, bagi para pendidik yang terinspirasi oleh potensi besar Teknologi Pendidikan, Alat dan Media, nilai gelar master tidak dapat dilebih-lebihkan.

Posting Komentar untuk "Teknologi Pendidikan, Alat dan Media"